Kamis, 27 Januari 2011

Fungsi-Fungsi Noun : Functions of Nouns


Setelah berandai-andai jika saja tidak ada noun dan mengenal sedikit tentang Jenis-Jenis Noun, sekarang saya akan membahas fungsi-fungsi noun sehingga sobat-sobit merasa perlu untuk mempelajarinya. Langsung saja tak usah bertele-tele, masih seperti sebelumnya, referensi kita tak perlu nambah, karena menurut saya buku Frank yang satu ini adalah buku grammar sepanjang masa (versi saya). Menurut penjelasan Frank (1972:9—11) pada dasarnya fungsi-fungsi noun terbagi menjadi dua kategori; pertama, fungsinya terhadap susunan kalimat utama, dan kedua, fungsinya pada susunan modifikasi antar kata. Dari kedua kategori fungsi noun tersebut melahirkan beberapa fungsi-fungsi noun. Agar tidak terlalu ribet njelasinnya, berikut saya rangkum dalam sebuah table beserta contoh-contohnya:

No : Fungsi-Fungsi Noun
Contoh
1.       Central Core

a.       Subject of Verb
The students is learning Grammar
b.      Complement of Verb
The lecturer gave a test
c.       Subjective Complement
John is my friend
d.      Objective Complement
Some of my friends call me Jimmy
2.       Modification Structure

a.       Object of Preposition
I live in Jakarta
b.      Noun Adjunct
That is the book store

Bingung? Iya saya juga bingung...

Oke kita bahas saja:

  • ·         Fungsi pertama, noun sebagai subject, intinya jika noun tersebut menjadi subject dari sebuah verb, karena pada hakikatnya sebuah kalimat setidaknya HARUS memiliki Subject + Verb. Saya tidak mengatakan bahwa subject + predicate, karena penjelasan predicate lebih panjang daripada verb. Lagi pula, sebuah predicate dalam bahasa Inggris wajib memiliki verb. Contoh: Lina is a student. Coba tebak predicate kalimat tersebut? Is atau a student? Jawabannya tentu kedua-duanya. Karena pembahasan tentang verb sangat rumit, so  kapan-kapan menyusul.
  • ·         Fungsi kedua, noun sebagai object, intinya jika noun tersebut menjadi object dari sebuah verb. Dalam hal ini tentu noun tersebut menjadi object dari verb yang transitive (verb yang membutuhkan object).
  • ·         Fungsi ketiga, noun sebagai pelengkap subject, kalau yang ini lebih sederhana sebenarnya, tapi memang sedikit butuh pencerahan (gelap kali ya). Biasanya noun yang difungsikan sebagai pelengkap subject didahului oleh to be ataupun beberapa linking verb, atau disebut juga copular verb.
  • ·         Fungsi keempat, noun sebagai pelengkap object, wah ini lagi gimana ya njelasinnya. Intinya hampir mirip seperti diatas, hanya saja fungsi noun sebagai pelengkap object ini biasanya didahului oleh kata kerja tertentu.
  • ·         Fungsi kelima, umumnya dan bahkan harusnya sebuah preposisi harus diikuti dengan noun ataupun noun phrase. Jika tidak maka akan terjadi kerancuan dalam segi makna. Lihat saja contoh diatas: I live in Jakarta, jika kata Jakarta tidak disertakan setelah preposisi, maka maknanya akan janggal; saya tinggal di… anda pasti bertanya-tanya tinggal dimana?
  • ·         Fungsi keenam, subject sebagai adjunct (tambahan), maksudnya jika ada noun menjelaskan noun yang lain, dalam word order disebut classifier. Lihat contoh diatas: that is the book store, kata book disitu hanya sebagai penjelas dari store. Boleh-boleh saja dihilangkan jika memang merasa perlu untuk dihilangkan karena noun adjunct ini hanya sebatas tambahan keterangan untuk noun utama.
Mungkin sekian saja dulu penjelasan saya ini, jika sobat-sobit mau diskusi mempertanyakan isi postingan ini, saya akan sangat senang sekali. Tak perlu sungkan karena kita sama-sama ga ngerti hehe.

Referensi:

Ibid

0 komentar:

Poskan Komentar